Kamis, 15 Maret 2012

Cara Menebak dalam Mengerjakan Soal Reading Comprehension


Dalam tes Reading Comprehension, terdapat beberapa pertanyaan wacana yang membutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam mengerjakan soal-soal tersebut. Oleh karena itu diperlukan tehnik mengerjakan teks yang efektif dan efesien. Dengan  tehnik scanning dan skimming, langkah-langkah berikut  dapat dicoba saat latihan ataupun ketika test berlangsung.
.
Scanning yaitu  dengan menemukan hanya informasi tertentu yang ditanyakan tanpa membaca yang lain dulu, sedangkan Skimming dengan menemukan gambaran umum  teks wacana tanpa terlalu memperdulikan rincianya/ atau hal-hal yang tidak penting untuk gambaran umum suatu teks.

Pertama, lakukan preview untuk memperoleh gambaran umum isi cerita dengan cara
  • Baca judul teks bacaan (kalau ada)
  • Baca kalimat awal dan akhir setiap paragraph. Terutama jika teks nya hanya terdiri dari satu paragraf.
  • Baca tiap kalimat awal masing-masing paragraph (jika teks terdiri dari dua atau lebih paragraph)
Hal tersebut penting untuk menguak inti cerita dan diperlukan saat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan gambaran umum sebuah teks.

Kedua, baca teks yang berkaitan langsung dengan soal-soal yang ditanyakan terlebih dahulu.
Dapat dilakukan untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan informasi tertentu/specific information yang tertera jelas dalam teks dan biasanya tentang nama, tempat, tanggal, tahun, dsb.

Ketiga, berhenti membaca teks saat kamu menemukan suatu jawaban dari pertanyaan yang sedang kamu cari.

Keempat, PILIH jawabannya jika kamu sudah yakin. TANDAI di lembar jawaban, pilihan yang menurut kamu mungkin jawaban yang diminta jika kamu masih ragu. LEWATI jika kamu tidak tahu jawabannya. Diusahakan jangan mengoreksi kebenaran jawaban seketika, lakukan setelah keseluruhan pertanyaan selesai dibaca. (sebagai trik penghematan waktu)

Kelima, baca pertanyaan selanjutnya dan kerjakan dengan  langkah-langkah seperti yang terdapat pada poin 1-4 diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banking Expressions in English

Banking vocabulary • Automatic deposit- A bank service that allows employers to deposit employees wages directly into the employees bank acc...