Minggu, 01 April 2012

Teknik Membaca Menggunakan Prosedur Ilmiah


Teknik Membaca (Reading Technique)

Teknik atau technique menurut Oxford  Dictionary adalah a way of carrying out a particular task, especially the execution or performance of an artistic work or a scientific procedure; cara melakukan tugas tertentu, terutama pelaksanaan kinerja sebuah karya artistik atau prosedur ilmiah. Sehingga, teknik membaca adalah cara membaca dengan menggunakan prosedur ilmiah dan keahlian tingkat tinggi. Berikut adalah beberapa panduan untuk membaca efektif.

1. Melakukan preview (pratinjau)
Perhatikan teks yang hendak dibaca dengan skimming atau membaca sekilas, dengan cara menemukan gambaran umum  teks wacana tanpa terlalu memperdulikan rincianya/ atau hal-hal yang tidak penting untuk gambaran umum suatu teks. Ketika skimming, anda harus mengikuti prosedur berikut, disesuaikan dengan tujuan anda
  • Baca judul dan sub-judul.
  • Perhatikan nama penulis, tanggal dan tempat publikasi.
  • Baca paragraf pertama sepenuhnya dan kalimat pertama pada paragraf lainnya
Saat membaca, anda dapat menggunakan scanningdengan cara mencari ide-ide pokok, kata kunci (kata yang memberitahu siapa, apa, kapan, dimana, berapa dlsb.), dan penanda peralihan transition makers atau dikenal dengan connectors (kata-kata seperti “first”, “therefore”, “moreover”, dan sebagainya).

2. Membaca Aktif
Membaca yang efektif adalah membaca aktif dengan selalu mengajukan pertanyaan, trutama jika anda hendak mengkritisi sebuah teks. Untuk ini, anda harus tahu tujuan dari bacaan anda. Selain mengajukan pertanyaan anda juga dituntut untuk selalu aktif mencari keterselubungan dan hubungan antar kalimat dan antar paragraf. 

3. Mencatat dan Meringkas
Beberapa alasan pentingnya membuat catatan adalah:
  • Memusatkan perhatian dan menjaga perhatian anda ketika membaca
  • Membiasakan diri dengan ide pokok dan informasi tambahan yang berkaitan dengan kajian tertentu,
  • Menganalisis pendapat dan gaya penulisan si penulis,

Beberapa petunjuk untuk membuat catatan:
  • Selalu mencatat rincian bibliografi dari teks mana anda mengambil catatan.
  • Menulis pada satu sisi kertas saja dan memberi ruang kosong di tiap sisi untuk tempat komentar dan referensi silang.
  • Gunakan cara penulisan yang dapat anda pahami yang berisi judul, subjudul, dan diagram.
  • Usahakan catatan dibuat dengan singkat, padat, dapat dipahami dan dibaca meski untuk beberapa bulan kedepan. 

Ringkasan adalah kumpulan catatan anda, yang mencatat gagasan-gagasan utama penulis. Membuat ringkasan memiliki dua manfaat utama yaitu;
  • Memungkinkan anda untuk menguji pemahaman anda akan materi yang telah anda baca.
  • Memudahkan anda ketika mencari materi terkait untuk referensi lebih lanjut.


4. Mengkaji dan Merefleksikan
Setelah anda membaca, penting kiranya untuk meninjau dan merenungkan apa yang telah anda baca yang berfungsi meningkatkan pemahaman anda dan membantu dalam menjaga informasi yang telah didapat agar tidak hilang dari ingatan anda, dengan cara:
§  Menguji pemahaman anda dengan menjawab pertanyan-pertanyaan yang pernah anda buat saat preview dengan tanpa melihat catatan.
§  Mengkaji materi yang dibaca untuk dijadikan dasar pemahaman berbagai konsep dan prinsip lainnya dengan menemukan mana yang menjadi pokok materi, yang mendukung dan yang bertentangan..
§  Menguji teks dalam hal keinformatifannya, dengan mencari informasi lain yang relavan dan memiliki kesamaan tingkat argumen nya. Sehingga, jika anda mengumpulkan informasi dan materi untuk bahan tulisan, anda dapat menentukan materi atau informasi mana yang akan digunakan.   
§  Mulailah membaca bacaan lainnya dengan teknik yang sama, dan sinergikan informasi yang telah anda peroleh dengan materi yang sedang dan akan anda baca..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banking Expressions in English

Banking vocabulary • Automatic deposit- A bank service that allows employers to deposit employees wages directly into the employees bank acc...