KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
4. BAHASA INGGRIS SMA/MA/SMTK/SMAKIPA/IPS/Bahasa/Keagamaan
No. | Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Fungsi Sosial | Struktur Teks | Unsur Kebahasaan | ||||
1 |
Pengetahuan dan Pemahaman
-Mengidentifikasi | |||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial:
- topik/isu/masalah - tujuan/fungsi/pesan - latar belakang/alasan - akibat/dampak/manfaat - sikap/nilai yang diusung - peran dan fungsi pembicara/penulis - peran dan fungsi pendengar/pembaca - konteks penggunaan |
Peserta didik dapat mengidentifikasi makna antar bagian-bagian dalam teks:
- pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama - rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa, deskripsi - plot, alur pikiran |
Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini:
- persamaan kata - word order - artikel, demonstrative, possessive pronoun - agreement dan number - tense - passive voice - referensi gramatika - kata sambung - preposisi - referensi makna | ||||
2 |
Aplikasi
-Membandingkan -Mengklasifikasi -Menjelaskan | |||||
Peserta didik dapat membandingkan mengklasifikasi, menjelaskan aspek-aspek fungsi sosial:
- topik/isu/masalah - tujuan/fungsi/pesan - latar belakang/alasan - akibat/dampak/manfaat - sikap/nilai yang diusung - peran dan fungsi pembicara/penulis - peran dan fungsi pendengar/pembaca - konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb) |
Peserta didik dapat membandingkan. mengklasifikasi, menjelaskan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
- pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama - rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa, deskripsi - plot, alur pikiran |
Peserta didik dapat membandingkan, mengklasifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini:
- persamaan kata - word order - artikel, demonstrative, possessive pronoun - agreement dan number - tense - passive voice - referensi gramatika - kata sambung - preposisi - modal - kalimat conditional - konstruksi derivative - referensi makna | ||||
3 |
Penalaran
-Menyimpulkan -Merinci perbedaan/persamaan -Menganalisis | |||||
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis aspek-aspek fungsi sosial:
- topik/isu/masalah - tujuan/fungsi/pesan - latar belakang/alasan - akibat/dampak/manfaat - sikap/nilai yang diusung - peran dan fungsi pembicara/penulis - peran dan fungsi pendengar/pembaca - konteks penggunaan |
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan menganalisis keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
- pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama - rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa, deskripsi - plot, alur pikiran |
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan, persamaan, menganalisis unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini:
- persamaan kata - word order - artikel, demonstrative, possessive pronoun - agreement dan number - tense - passive voice - referensi gramatika - kata sambung - preposisi - modal - kalimat conditional - konstruksi derivative - kalimat, frasa, ungkapan simpulan - referensi makn |
1) Interaksi transaksional/interpersonal tertulis (a.l. pendapat, pengandaian, memuji, mengkritik, jati diri)
2) Fungsional pendek (a.l. announcement, undangan, pemberitahuan)
3) Descriptive, recount, narrative, procedure, report, exposition, biography, news item
Tidak ada komentar:
Posting Komentar