Rabu, 24 Januari 2018

KISI-KISI UN BAHASA INGGRIS SMA/MA 2017/2018



KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018


4. BAHASA INGGRIS SMA/MA/SMTK/SMAKIPA/IPS/Bahasa/Keagamaan

No.Level KognitifLingkup Materi
Fungsi SosialStruktur TeksUnsur Kebahasaan
1
Pengetahuan dan Pemahaman
-Mengidentifikasi
Peserta didik dapat mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial:
- topik/isu/masalah
- tujuan/fungsi/pesan
- latar belakang/alasan
- akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang diusung
- peran dan fungsi pembicara/penulis
- peran dan fungsi pendengar/pembaca
- konteks penggunaan
Peserta didik dapat mengidentifikasi makna antar bagian-bagian dalam teks:
- pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama
- rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa, deskripsi
- plot, alur pikiran
Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini:
- persamaan kata
- word order
- artikel, demonstrative, possessive pronoun
- agreement dan number
- tense
- passive voice
- referensi gramatika
- kata sambung
- preposisi
- referensi makna
2
Aplikasi
-Membandingkan
-Mengklasifikasi
-Menjelaskan
Peserta didik dapat membandingkan mengklasifikasi, menjelaskan aspek-aspek fungsi sosial:
- topik/isu/masalah
- tujuan/fungsi/pesan
- latar belakang/alasan
- akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang diusung
- peran dan fungsi pembicara/penulis
- peran dan fungsi pendengar/pembaca
- konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
Peserta didik dapat membandingkan. mengklasifikasi, menjelaskan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
- pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama
- rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa, deskripsi
- plot, alur pikiran
Peserta didik dapat membandingkan, mengklasifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini:
- persamaan kata
- word order
- artikel, demonstrative, possessive pronoun
- agreement dan number
- tense
- passive voice
- referensi gramatika
- kata sambung
- preposisi
- modal
- kalimat conditional
- konstruksi derivative
- referensi makna
3
Penalaran
-Menyimpulkan
-Merinci perbedaan/persamaan
-Menganalisis
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis aspek-aspek fungsi sosial:
- topik/isu/masalah
- tujuan/fungsi/pesan
- latar belakang/alasan
- akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang diusung
- peran dan fungsi pembicara/penulis
- peran dan fungsi pendengar/pembaca
- konteks penggunaan
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan menganalisis keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
- pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama
- rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa, deskripsi
- plot, alur pikiran
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan, persamaan, menganalisis unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini:
- persamaan kata
- word order
- artikel, demonstrative, possessive pronoun
- agreement dan number
- tense
- passive voice
- referensi gramatika
- kata sambung
- preposisi
- modal
- kalimat conditional
- konstruksi derivative
- kalimat, frasa, ungkapan simpulan
- referensi makn
Keterangan : Jenis teks lisan dan tertulis untuk cakupan materi fungsi sosial dan struktur sosial :
1) Interaksi transaksional/interpersonal tertulis (a.l. pendapat, pengandaian, memuji, mengkritik, jati diri)
2) Fungsional pendek (a.l. announcement, undangan, pemberitahuan)
3) Descriptive, recount, narrative, procedure, report, exposition, biography, news item

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banking Expressions in English

Banking vocabulary • Automatic deposit- A bank service that allows employers to deposit employees wages directly into the employees bank acc...