Jumat, 12 April 2013

Cara Mengerjakan Soal Listening Bahasa Inggris

Cara mengerjakan - menebak - soal listening - bahasa inggris - TOEFL - TOEIC - Ujian Nasional

Cara Mengerjakan Soal Listening Bahasa Inggris

Mungkin bagi sebagian siswa, soal listening Bahasa Inggris, baik dalam TOEFL, TOEIC, Ujian Nasional (UN), dan Test CPNS bukan masalah besar. Tapi, bagi mereka yang kemampuan bahasa inggrisnya kurang, soal yang terdiri dari 15, 50 dan 100 butir tersebut bisa menjadi masalah besar. Sehingga dalam mengerjakannya mereka sering menggunakan insting atau kasarnya perkiraan, tebakan, hitung kancing, dsb. Bahkan, yang lebih parah dan sangat memalukan adalah mengandalkan nyontek. Na’udzubillah min dzalik.
Belajar, berlatih, mempersiapkan diri dan berdo'a adalah kunci terbaik untuk menghadapi ujian. Namun, jika terpaksa harus menggunakan perkiraan dan tebakan, mungkin langkah-langkah berikut bisa dicoba dalam latihan soal listening Ujian Nasional. INGAT! COBA DULU DALAM LATIHAN MENJAWAB SOAL LISTENING. Dengan catatan; jika bermanfaat silahkan coba dalam test listening saat ujian nanti, jika tidak, silahkan ABAIKAN!.

Berikut adalah cara menebak atau mengira-ngira jawaban soal listening Bahasa Inggris dalam ujian nasional. Untuk TOEFL, TOEIC dan test CPNS mungkin ada sedikit persamaan. Perbedaannya mungkin dari jumlah soal yang harus dikerjakan. 

1.     Untuk Soal Listening Bagian I

Biasanya terdiri dari 4 butir soal (no 1-4) tentang topik dan informasi rinci sebuah dialog yang diperdengarkan, sehingga, sebelum dialog dan soal diperdengarkan, kamu harus membaca jawaban yang ada dalam lembar soal dengan cepat (ingat, dengan cepat), lalu siap-siap dengarkan dialog dan kenali kata tanya yang digunakan ( WH questions-nya seperti  “what, where, why, when, which, who, whose, how, etc.” kalau sudah yakin pada jawaban, silahkan pilih, kalau belum dengarkan dialog dan soal yang kedua kalinya lalu pilih jawabannya.

2.       Untuk Soal Listening bagian II

Biasanya terdiri dari 3-5 butir tentang respon yang pantas atau sesuai untuk ungkapan yang terakhir diungkapkan dalam dialog. Karena dalam lembar soal tidak tertulis jawabanya, kamu harus mendengarkan dialog dengan cermat, jadi harus mendengarkan seluruh isi dialog. Namun jika terasa sulit, maka fokuskan pendengaran kamu pada ungkapan terakhir dan pilih ungkapan yang sesuai untuk merespon ungkapan tersebut.

3.       Untuk Soal Listening Bagian III

Biasanya terdiri dari 2-4 butir soal tentang menentukan gambar mana yang sesuai dengan dialog atau monolog yang diperdengarkan, sehingga untuk menjawabnya, kamuharus melihat dulu gambar dengan cepat (ingat, dengan cepat!) sebelum kamu mendengarkan dialog atau monolog. Sukur-sukur jka kamu tahu bahasa inggris dari masing-masing gambar, sehingga akan lebih memudahkan dalam menebak.

4.       Untuk Soal Listening bagian IV

Biasanya terdiri dari 4 butir soal dan dua monolog; masing-masing 2 soal untuk satu monolog tentang gambaran umum dan informasi detil (seperti tanggal, tahun, jumlah ukuran, berat dlsb.) dari monolog yang diperdengarkan. Sama seperti trik menebak soal-soal sebelumnya, kamu harus membaca jawaban dalam lembar soal dengan cepat (ingat, dengan cepat!) sebelum monolog dan soal dibacakan. Ketika monolog mulai dibacakan untuk pertama kali, dengarkan dengan cermat dan ketahui kata tanya yang digunakan (WH questions-nya), kalau sudah yakin pada jawaban, silahkan pilih, kalau belum dengarkan dengan cermat pembacaan monolog dan soal yang kedua kalinya lalu pilih jawabannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banking Expressions in English

Banking vocabulary • Automatic deposit- A bank service that allows employers to deposit employees wages directly into the employees bank acc...